%A 1311021104 WIWIT SURYANI %T EKSTERNALITAS KEBERADAAN PASAR MODERN (MINIMARKET) TERHADAP KINERJA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Kecamatan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah) %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada perbedaan profitabilitas, omset penjualan, pertumbuhan nilai penjualan, dan pencapaian target penjualan antara pedagang sembako yang berjarak dekat dan jauh dari minimarket. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada empat puluh delapan responden. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa terdapat perbedaan tingkat profitabilitas, omset penjualan, pertumbuhan nilai penjualan, perkembangan keuntungan, capaian target penjualan yang signifikan antara toko sembako yang berjarak dekat dan jauh dari minimarket. Kata kunci: Eksternalitas, Minimarket, Toko Sembako. abstract The aim of this study is to analyse whether there are differences in profitability, sales turnover, sales value growth, and the achievement of sales targets between staple food traders which are near and far from minimarket. This study used primary data through questionnaires and interviews to forty-eight respondents. From the test results obtained that there are differences in the level of profitability, sales turnover, sales value growth, profit growth, achievement of significant sales targets between staple food stores which are near and far from minimarket. Keywords: Externalities, Minimarket, Staple food stores %D 2018 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1311021104 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints31362