@misc{eprints31409, month = {April}, title = {KONFLIK DALAM NOVEL CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA IRA MADAN DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA }, author = {1413041034 FITRI WAHYUNI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/31409/}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konflik dalam novel Cahaya Cinta Pesantren dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan data yang akan diteliti dalam penelitian ini ialah konflik manusia dengan dirinya sendiri (konflik batin), konflik manusia dengan manusia, konflik manusia dengan masyarakat, konflik manusia dengan alam yang terjadi dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang terdapat dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan ialah konflik manusia dengan dirinya sendiri, konflik manusia dengan manusia, konflik manusia dengan masyarakat, dan konflik manusia dengan alam. Pembelajaran yang berkaitan dengan konflik terdapat pada kelas XII kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Konflik dalam novel Cahaya Cinta Pesantren layak dijadikan bahan ajar pembelajaran Bahasa dan Sastra di SMA karena telah memenuhi tiga aspek dalam pemilihan bahan ajar, yakni aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya. Kata Kunci: bahan ajar, novel, konflik. } }