%A 1313051031 ELVA SETIAWATI %T PENGARUH ALAT BANTU MATRAS BIDANG MIRING DAN BANTUAN GURU TERHADAP ROLL DEPAN DALAM SENAM LANTAI PADA SISWA KELAS V SDN 5 LEMPUYANG BANDAR KECAMATAN WAY PENGUBUAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017 %X Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai gerakan roll depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran roll depan dengan alat bantu matras bidang miring dan bantuan guru pada siswa kelas V SD Negeri 5 Lempuyang Bandar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment dan post test. Populasi penelitian berjumlah 112 siswa kelas V SDN 5 Lempuyang Bandar dan sampel pada penelitian ini 36 persen dari jumlah siswa yakni 40 orang. Teknik pengambilan data menggunakan lembar kerja. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan : dengan alat bantu matras bidang miring dan bantuan guru diperoleh thitung = -1,25 < ttabel = 2,021 maka H0 diterima, Ha ditolak dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran alat bantu matras bidang miring dengan bantuan guru terhadap hasil roll depan siswa kelas V SDN 5 Lempuyang Bandar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan alat bantu matras bidang miring dan bantuan guru berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan roll depan. Namun metode pembelajaran dengan bantuan guru memiliki pengaruh yang lebih besar daripada menggunakan alat bantu matras bidang miring. Kata Kunci : Alat Bantu Matras Bidang Miring, Bantuan Guru, Roll Depan %D 2018 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1313051031 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints31420