%0 Generic %A MADE SELPIANA , 1413031033 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:31448 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018 %U http://digilib.unila.ac.id/31448/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dan Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan life skill (kecakapan hidup) siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Bandar Lampung yang berjumlah 293 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penilaian antar teman. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan rata-rata life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran IPS Terpadu (2) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dilihat dari kecakapan mengenal diri (3) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dilihat dari kecakapan berpikir rasional (4) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dilihat dari kecakapan bekerjasama (5) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dilihat dari kecakapan berkomunikasi. Kata kunci: Kecakapan Hidup (Life Skill), Co-op Co-op, Think Talk Write