?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1413022044&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+PENDEKATAN+SCIENCE%2C+TECHNOLOGY%2C%0D%0AENGINEERING%2C+AND+MATHEMATICS+(STEM)+UNTUK%0D%0AMEREDUKSI+DISPARITAS+GENDER+PADA%0D%0APENGUASAAN+KONSEP+KALOR%0D%0APESERTA+DIDIK&rft.creator=MARETHA++ZAHARA+%2C+1413022044&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=Kegiatan+pembelajaran+di+kelas+tidak+bisa+dilepaskan+dari+adanya+model%0D%0Adan+pendekatan+karena+dalam+melancarkan+kegiatan+pembelajaran+dan%0D%0Ameningkatkan+pemahaman+konsep+serta+kecerdasan+peserta+didik+tentunya%0D%0Aharus+diimbangi+dengan+pengguanaan+pendekatan+pembelajaran.+Kurang%0D%0Aefisiennya+pendekatan+yang+digunakan+di+sekolah+dapat+menghambat%0D%0Akegiatan+pembelajaran.+Salah+satu+bentuk+pendekatan+yang+mendukung%0D%0Aproses+pembelajaran+mandiri+adalah+Pendekatan+Terpadu+Science%2C%0D%0ATechnology%2C+Engineering%2C+and+Mathematics+(STEM).+Hasil+observasi+di%0D%0Akelas+XI+MIPA+SMA+14+Bandar+Lampung+menyatakan+pendekatan+yang%0D%0Adigunakan+dalam+kegiatan+pembelajaran+tidak+variatif.+Tujuan+penelitian%0D%0Aini+adalah+memperkenalkan+Pendekatan+Terpadu+STEM+berbasis+Problem%0D%0ABased+Learning+(PBL)+pada+materi+Kalor+untuk+peserta+didik+SMA%0D%0Ayang+digunakan+secara+menarik%2C+mudah%2C+dan+bermanfaat+sebagai%0D%0Apembelajaran+inovatif.+Metode+penelitian+ini+menggunakan+pendekatan%0D%0Apenelitian+kuasi+eksperimen.+Adapun+prosedur+penelitian+ini+meliputi%0D%0AMaretha+Zahara%0D%0Aiii%0D%0Aanalisis+kebutuhan%2C+identifikasi+spesifikasi+pendekatan+yang+diinginkan%0D%0Apenggunaannya%2C+pembuatan+instrumen%2C+uji+instrumen%2C+uji+normalitas%2C+uji%0D%0Ahomogenitas%2C+uji+n-gain+score%2C+uji+paired+sample+t-test%2C+uji+ukuran+efek%2C%0D%0Auji+independent+sample+t-test%2C+dan+uji+Analysis+of+Covariance.%0D%0ABerdasarkan+hasil+uji+paired+sample+t-test+menunjukkan+data+pada+tabel%0D%0ASig.+(2-tailed)+%3C+%CE%B1+(%CE%B1+%3A+0.05)+artinya+ada+perbedaan+hasil+pretest+dan%0D%0Aposttest+yang+menggunakan+pendekatan+pembelajaran+Science%2C%0D%0ATechnology%2C+Engineering+and+Mathematics+(STEM)+didukung+hasil+uji%0D%0Aukuran+efek+yang+menunjukkan+nilai+ukuran+efek+sebesar+0.90+untuk%0D%0Akelas+eksperimen+laki-laki+dan+0.99+untuk+kelas+eksperimen+perempuan%0D%0Aterklasifikasi+large+atau+besar+pengaruhnya+terhadap+pemahaman+konsep.%0D%0AHasil+uji+independent+sample+t-test+diketahui+bahwa+Sig.+(p-value)+%E2%89%A5+%CE%B1+(%CE%B1+%3A%0D%0A0.05)%2C+menunjukkan+tidak+ada+perbedaan+rata-rata+pemahaman+konsep%0D%0Apeserta+didik+laki-laki+dan+perempuan+dan+menurut+hasil+uji+Analysis+of%0D%0ACovariance+data+N-Gain+Sig.+(p-value)+%E2%89%A5+%CE%B1+(%CE%B1+%3A+0.05)%2C+tidak+ada+perbeda+an%0D%0Arata-rata+pemahaman+konsep+peserta+didik+laki-laki+dan+perempuan%0D%0Asetelah+menggunakan+pendekatan+Science%2C+Technology%2C+Engineering+and%0D%0AMathematics+(STEM).+Jadi%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+dengan+pendekatan%0D%0ASTEM+berbasis+Problem+Based+Learning+yang+telah+teruji+dapat%0D%0Adigunakan+sebagai+bahan+pendekatan+proses+pembelajaran+yang%0D%0Ameningkatkan+pemahaman+konsep+dan+mereduksi+disparitas+gender%0D%0Apeserta+didik.%0D%0AKata+kunci%3A+pendekatan+STEM%2C+Problem+Based+Learning%2C+disparitas%0D%0Agender.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2018-04-26&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31462%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31462%2F19%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31462%2F20%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++MARETHA+ZAHARA+%2C+1413022044++(2018)+IMPLEMENTASI+PENDEKATAN+SCIENCE%2C+TECHNOLOGY%2C+ENGINEERING%2C+AND+MATHEMATICS+(STEM)+UNTUK+MEREDUKSI+DISPARITAS+GENDER+PADA+PENGUASAAN+KONSEP+KALOR+PESERTA+DIDIK.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31462%2F