<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK"^^ . "Kegiatan pembelajaran di kelas tidak bisa dilepaskan dari adanya model\r\ndan pendekatan karena dalam melancarkan kegiatan pembelajaran dan\r\nmeningkatkan pemahaman konsep serta kecerdasan peserta didik tentunya\r\nharus diimbangi dengan pengguanaan pendekatan pembelajaran. Kurang\r\nefisiennya pendekatan yang digunakan di sekolah dapat menghambat\r\nkegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk pendekatan yang mendukung\r\nproses pembelajaran mandiri adalah Pendekatan Terpadu Science,\r\nTechnology, Engineering, and Mathematics (STEM). Hasil observasi di\r\nkelas XI MIPA SMA 14 Bandar Lampung menyatakan pendekatan yang\r\ndigunakan dalam kegiatan pembelajaran tidak variatif. Tujuan penelitian\r\nini adalah memperkenalkan Pendekatan Terpadu STEM berbasis Problem\r\nBased Learning (PBL) pada materi Kalor untuk peserta didik SMA\r\nyang digunakan secara menarik, mudah, dan bermanfaat sebagai\r\npembelajaran inovatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan\r\npenelitian kuasi eksperimen. Adapun prosedur penelitian ini meliputi\r\nMaretha Zahara\r\niii\r\nanalisis kebutuhan, identifikasi spesifikasi pendekatan yang diinginkan\r\npenggunaannya, pembuatan instrumen, uji instrumen, uji normalitas, uji\r\nhomogenitas, uji n-gain score, uji paired sample t-test, uji ukuran efek,\r\nuji independent sample t-test, dan uji Analysis of Covariance.\r\nBerdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan data pada tabel\r\nSig. (2-tailed) < α (α : 0.05) artinya ada perbedaan hasil pretest dan\r\nposttest yang menggunakan pendekatan pembelajaran Science,\r\nTechnology, Engineering and Mathematics (STEM) didukung hasil uji\r\nukuran efek yang menunjukkan nilai ukuran efek sebesar 0.90 untuk\r\nkelas eksperimen laki-laki dan 0.99 untuk kelas eksperimen perempuan\r\nterklasifikasi large atau besar pengaruhnya terhadap pemahaman konsep.\r\nHasil uji independent sample t-test diketahui bahwa Sig. (p-value) ≥ α (α :\r\n0.05), menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep\r\npeserta didik laki-laki dan perempuan dan menurut hasil uji Analysis of\r\nCovariance data N-Gain Sig. (p-value) ≥ α (α : 0.05), tidak ada perbeda an\r\nrata-rata pemahaman konsep peserta didik laki-laki dan perempuan\r\nsetelah menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering and\r\nMathematics (STEM). Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan\r\nSTEM berbasis Problem Based Learning yang telah teruji dapat\r\ndigunakan sebagai bahan pendekatan proses pembelajaran yang\r\nmeningkatkan pemahaman konsep dan mereduksi disparitas gender\r\npeserta didik.\r\nKata kunci: pendekatan STEM, Problem Based Learning, disparitas\r\ngender."^^ . "2018-04-26" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "1413022044"^^ . "MARETHA ZAHARA "^^ . "1413022044 MARETHA ZAHARA "^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY,\r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK\r\nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA\r\nPENGUASAAN KONSEP KALOR\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #31462 \n\nIMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, \nENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK \nMEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA \nPENGUASAAN KONSEP KALOR \nPESERTA DIDIK\n\n" . "text/html" . . . "LB Theory and practice of education"@en . . . "QC Physics"@en . .