%0 Generic %A LISTIANA , 1413022041 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:31464 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA SISWA SMA %U http://digilib.unila.ac.id/31464/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan literasi sains pada siswa SMA dengan implementasi pendekatan pembelajaran STEM. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Bandar Lampung, pada semester genap tahun ajaran 2017/2018, dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Pretest- Posttest Design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran STEM dan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik 5M. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan nilai pretest dan posttest soal literasi sains. Analisis efektivitas menggunakan perhitungan N-Gain, uji Effect Size dan uji beda N-Gain. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rata-rata N-gain kemampuan literasi sains pada kelas eskperimen adalah 0,55 dan kelas kontrol adalah 0,49, keduanya dalam kategori sedang serta hasil perhitungan uji Effect Size menunjukkan besar ukuran dampak pendekatan pembelajaran STEM juga menunjukkan dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis uji beda NGain didapatkan hasil nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,010, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata N-gain kemampuan literasi iii sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana rata-rata N-gain kemampuan literasi sains menggunakan pendekatan STEM lebih tinggi dibandingkan rata-rata N-gain kemampuan literasi sains menggunakan pendekatan saintifik 5M. Kata Kunci: STEM, literasi sains