%0 Generic %A LENI HARDIYANTI, 1313054026 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:31471 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI DI TK AL-AZHAR 16 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/31471/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah mayoritas anak usia 5-6 tahun masih kesulitan dalam berpikir simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media dengan kemampuan berpikir simbolik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian sebanyak 67 anak, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 20 anak dengan menggunakan Purposive Sampling. Pengambilan data dalam penelitian digunakan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan tabel tunggal dan tabel silang, adapun uji hipotesis digunakan rumus Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara penggunaan media dengan kemampuan berpikir simbolik sebesar 0,439 ini berarti bahwa penggunaan media dalam pembelajaran dapat menstimulasi perkembangan anak dalam hal berpikir simbolik. Kata Kunci : anak usia dini, berpikir simbolik, penggunaan media abstract The problem in this research is the majority of children aged 5-6 years still difficulties in thinking symbolic. This study aims to determine the correlation of media use with the ability to think symbolically. This research is a correlational quantitative research. Population in research counted 67 child, while sample taken counted 20 children by using Purposive Sampling. Data retrieval in research used observation and documentation technique, while data is analyzed with single table and cross table, As for hypothesis test used Spearman Rank. The results showed that there is a positive relationship between the use of media with the ability to think symbolically 0.439 this means that the use of media in learning can stimulate the development of children in terms of symbolic thinking. Keywords: childhood, symbolic thinking, media usage