%A 1413022039 KARLINA MAYA MULYANA %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN SKILL MULTIREPRESENTASI SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan skill multirepresentasi siswa SMA kelas X pada meteri Hukum Newton tentang gerak dengan menggunakan pendekatan STEM. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 12 Bandar Lampung, dengan sampel kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah the non-equivalent pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol yang menggunakan pendekatan saintifik memiliki nilai rata-rata N-gain sebesar 0,55, sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan STEM memiliki nilai rata-rata N-gain sebesar 0,63. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan skill multirepresentasi siswa yang signifikan pada materi Hukum Newton tentang gerak dengan menggunakan pendekatan STEM. Kata kunci : STEM, skill multirepresentasi, Hukum Newton tentang gerak. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints31571