@misc{eprints31572, month = {Mei}, title = {ANALISIS KESESUAIAN MATERI VIRUS PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 }, author = {1313024008 AMALIA FAUZIYAH }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/31572/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi virus pada buku teks biologi kelas X dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 ditinjau dari segi keluasan materi dan kedalaman materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan subyek penelitian berupa buku teks yang paling banyak dan paling sedikit digunakan oleh SMA yang menerapkan kurikulum 2013 di kota Bandar Lampung. Buku teks A yang diterbitkan oleh Erlangga merupakan buku teks paling banyak digunakan, sedangkan buku teks B yang diterbitkan oleh Yrama Widya merupakan buku teks paling sedikit digunakan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar analisis kesesuaian materi pada buku teks. Pengumpulan data dilakukan melalui study dokumentasi dengan analisis kontent buku. Data pada penelitian ini berupa kesesuaian buku teks materi virus ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian materi virus dengan KD kurikulum 2013 pada buku teks A ditinjau dari aspek keluasan maupun kedalaman materi sama-sama berkategori ?sangat sesuai? dengan persentase masing-masing adalah sebesar 100\%. Sementara, pada buku teks B dilihat dari aspek keluasan materi berkategori ?sesuai? dengan persentase sebesar 75\%, sedangkan dari aspek kedalaman materi berkategori ?sesuai? dengan persentase sebesar 80\%. Selanjutnya, dari kedua hasil analisis tersebut diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 100\% pada buku teks A dengan kategori ?sangat sesuai?, sedangkan rata-rata persentase sebesar 77,5\% pada buku teks B dengan kategori ?sesuai?. Dengan hasil tersebut artinya kesesuaian materi virus dengan KD 3.4 (Menganalisis struktur, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan) kurikulum 2013 pada buku teks A lebih tinggi dibandingkan buku teks B. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku teks biologi kelas X yang diterbitkan oleh Erlangga dan Yrama Widya dapat digunakan sebagai buku pegangan bagi siswa. Kata kunci : buku teks, kedalaman materi, keluasan materi, materi virus } }