TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints31687 UR - http://digilib.unila.ac.id/31687/ A1 - DERIOS WARDIANTO, 1413053030 Y1 - 2018/05/03/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahuihubungan keterampilan mengadakan variasi terhadap hasil belajar IPS, hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, dan hubungan keterampilan mengadakan variasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yaitu kuantitatif, metode yang digunakan yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 117 siswadan sampel penelitianberjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan keterampilan mengadakan variasi terhadap hasil belajarIPS ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,361 berada pada taraf ?rendah?, ada hubungan yang positif dan signifikanmotivasi belajar terhadap hasil belajar IPSditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,387 berada pada taraf ?rendah?, dan ada hubungan yang positif dan signifikanketerampilan mengadakan variasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,389 berada pada taraf ?rendah?. Kata kunci:IPS, keterampilan, motivasi, variasi pembelajaran PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 2 METRO SELATAN AV - restricted ER -