%0 Generic %A NURUL UTAMI, 1413043032 %A nurulnurul565@gmail.com, %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:31700 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS II MIN 2 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/31700/ %X This study aims to describe the implementation of Arts and Culture learning using integrative thematic approach on the theme of caring for animals and plants. This research uses descriptive method with qualitative approach. Sources of data in this study are teacher and students who follow the learning in class II.B MIN 2 Bandar Lampung totaling 36 students. Data collection techniques in this study are observation, interview, and documentation. Based on the 2013 Curriculum Implementation Guide, the integration of integrative thematic approaches is carried out in two ways: the integration of attitudes, skills and knowledge in the learning process and the integration of basic concepts related to the subjects. Theory used is constructivist theory. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, data verification, and conclusion. The result of the research shows that Arts and Clture learning using integrative thematic approach on the theme of caring for animals and plants in MIN 2 Bandar Lampung is implemented in two ways by integrating the concept into the subject matter and integrating the concepts from different subjects. Keywords: learning, arts and culture, integrative thematic. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya menggunakan pendekatan tematik integratif pada tema merawat hewan dan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas II.B MIN 2 Bandar Lampung yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan panduan implementasi Kurikulum 2013, pengintegrasian dalam pendekatan tematik integratif dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan antar mata pelajaran. Teori yang digunakan yaitu teori konstruktivistik. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Seni Budaya menggunakan pendekatan tematik integratif pada tema merawat hewan dan tumbuhan di MIN 2 Bandar Lampung dilaksanakan dengan dua cara yaitu dengan mengintegrasikan konsep pada tema ke dalam materi pelajaran, serta mengintegrasikan konsep dari mata pelajaran yang berbeda. Kata kunci: pembelajaran, seni budaya, tematik integratif.