@misc{eprints31747, month = {Juni}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT }, author = {1413023068 YAYI AISYAH DEWI PUTRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/31747/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis model SiMaYang dalam meningkatkan self confidence dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIA SMAN 1 Natar. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik clauster random sampling, siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 8 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non equivalence pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain self confidence kelas eksperimen sebesar 0,53 yang termasuk ke kriteria sedang, dan n-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen sebesar 0,71 yang termasuk ke kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model SiMaYang berpengaruh dengan kriteria sedang dalam meningkatkan self confidence dan berpengaruh dengan kriteria tinggi dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: elektrolit dan nonelektrolit, lembar kerja siswa, penguasaan konsep, self confidence, SiMaYang. } }