%0 Generic %A Ummul Uslima, 1413022069 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %F eprints:31753 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIOS PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/31753/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations pada materi fluida statis terhadap pemahaman konsep siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMAN 1 Trimurjo, Lampung Tengah. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen tes berupa soal Pretest dan Posttest yang telah valid dan reliabel. Data yang didapat diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T-test. Hasil dari uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,036, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations yang signifikan penggunaan terhadap pehaman konsep siswa. Berdasarkan nilai N-gain, rata-rata N-gain pemahaman konsep pada kelas eskperimen sebesar 0,56, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,46. Modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Multiple Representations, Pemahaman Konsep