title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU PESERTA DIDIK KELAS IV SDN creator: NADYA VIRGINIA ALDRETI, 1413053080 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 3 Tambah Rejo. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Instrumen utama yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana dan t-test. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh dan perbedaan yang signifikan dalam penerapan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Tambah Rejo tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: hasil belajar, jigsaw, tematik terpadu. abstract The problem of this research was the students’ result of intergrated thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning type Jigsaw implementation to the students’ result of thematic learning and the difference between the use of cooperative learning type Jigsaw and conventional learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The principal instrument that used by researcher are test and sheet of observation. The data analyzed by using simple linear regression formula and t-test. The result shows there is a significant effect and diffrence of the cooperative learning type Jigsaw implementation to the students’ result of integrated thematic learning and there is difference of students’ result of integrated thematic learning by using cooperative learning type Jigsaw at the fourth grade students of SDN 3 T amb a h R e j o academic year 2017/2018. Keywords: integrated thematic, jigsaw, result of learning process. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2018-04-27 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/31767/1/ABSTRAK-ABSTARCT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/31767/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/31767/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: NADYA VIRGINIA ALDRETI, 1413053080 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU PESERTA DIDIK KELAS IV SDN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/31767/