%0 Generic %A NIA KURNIATI , 1413021048 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:31799 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018) %U http://digilib.unila.ac.id/31799/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan self confidence siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir reflektif dan hasil pengisian skala self confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan self confidence siswa. Kata kunci: kemampuan berpikir reflektif, pembelajaran berbasis masalah, self confidence.