TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints31807 UR - http://digilib.unila.ac.id/31807/ A1 - SALMA FAIZAH AMATULLAH, 1313022063 Y1 - 2018/04/27/ N2 - Pembelajaran monoton dapat mematikan daya berpikir kreatif siswa, karena siswa mengalami kebosanan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran secara Student Centre Learning atau SCL, siswa mampu membangkitkan daya berpikir kreatif melalui sebuah pendekatan antar ilmu dan pengaplikasiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan buku siswa berbasis pendekatan terpadu STEM terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan hasil belajarnya. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA IT Miftahul Jannah, dan sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Kedua kelas tersebut diberikan pretest dan posttest, yang kemudian hasil N-gain diuji perbedaannya. Pada penelitian ini, dua kelas tersebut diuji beda sesuai dengan hasil N-gainnya lalu dilakukan uji perbedaan kedua kelompok siswa menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar pada siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata N gain berturut-turut, yaitu 0,62 dan 0,30 berarti rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan berdasarkan hasil uji independent sample t test thitung > ttabel yaitu 5,485 > 2,069 pada taraf kepercayaan 95%, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan buku siswa berbasis pendekatan terpadu STEM terhadap hasil belajar. Kata kunci: Buku Siswa, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Kalor, dan STEM. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUKAN BUKU SISWA BERBASIS PENDEKATAN TERPADU STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KALOR AV - public ER -