<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk berupa modul menulis\r\ncerpen berbasis pendekatan experiential learning untuk siswa kelas XI SMA/MA\r\ndan (2) menguji dan mendeskripsikan kelayakan modul menulis cerpen berbasis\r\npendekatan experiential learning yang dikembangkan berdasarkan ahli materi,\r\nahli media, teman sejawat, dan siswa SMA/MA.\r\nMetode penelitian mengacu pada metode penelitian dan pengembangan Borg and\r\nGall yang meliputi 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain\r\nproduk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi\r\nproduk akhir. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan\r\npenyebaran angket pada tiga sekolah di Kabupten Pringsewu yang meliputi SMA\r\nNegeri 1 Gadingrejo, MA Negeri 1 Pringsewu, dan SMA Muhammadiyah 1\r\nPringsewu pada tahun pelajaran 2017/2018. Validasi rancangan produk dilakukan\r\noleh ahli/pakar yang relevan yaitu ahli materi, ahli media, penilaian teman\r\nsejawat, kemudian diujicobakan kepada siswa SMA/MA tersebut.\r\nModul pada penelitian ini layak digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen di\r\nSMA/MA. Hal ini terlihat dari hasil uji ahli materi pembelajaran memperoleh\r\nnilai 90,67% dan ahli media memperoleh nlai 85% dengan kategori sangat layak.\r\nUji kelayakan bahan ajar oleh guru Bahasa Indonesia pada kelas XI di SMA\r\nNegeri 1 Gadingrejo, MA Negeri 1 Pringsewu, dan SMA Muhammadiyah 1\r\nPringsewu didapat nilai rata-rata 92,93% dengan kategori sangat layak. Uji coba\r\nproduk pada kelas kecil dilakukan sebagai bentuk evaluasi awal sebelum\r\ndiujicobakan di kelas besar dengan perolehan nilai sebesar 85,29% dengan\r\nkategori sangat layak. Uji kelas besar dilakukan sebagai bentuk evaluasi\r\nrancangan produk modul dengan nilai sebesar 88,07% dengan kategori sangat\r\nlayak. Berdasarkan angket uji coba kelayakan yang telah dilakukan, dapat\r\ndisimpulkan modul menulis cerpen berbasis pendekatan experiential learning\r\nlayak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas XI SMA/MA.\r\nKata kunci: Menulis Cerpen, Modul, dan Pendekatan Experiential Learning.\r\n\r\nabstract\r\n\r\nThe purposes of this research are (1) to produce the product of module writing\r\nshort story based on experiential learning for grade XI senior high school, and (2)\r\nto test and to describe the module feasibility of writing short story based on\r\nexperiential learning that are developed based on material experts, media experts,\r\npeer assessment, and senior high school student.\r\nThe method of this research is in accordance to the research and development\r\nBorg and Gall such as 1) potency and problem, 2) data collection, 3) product\r\ndesign, 4) design validation, 5) design improvement, 6) product trial, 7) product\r\nfinal revision. This research was conducted through observation, interview, and\r\nquestionnaire dissemination of three school in Pringsewu District including SMA\r\nNegeri 1 Gadingrejo, MA Negeri 1 Pringsewu, and SMA Muhammadiyah 1\r\nPringsewu in the academic year 2017/2018. Validation of product design is\r\ncarried out by relevant experts in material and media, peer assessment, then tested\r\nto the senior high school students.\r\nModule use in this study fit in learning to write short story at senior high school.\r\nThis evident from the test result obtained by the value of learning materials expert\r\n90,67% and expert instructional media obtained 85%. with very eligible category.\r\nFeasibility material test done by practitioners teachers Bahasa Indonesia in class\r\nXI at SMA Negeri 1 Gadingrejo, MA Negeri 1 Pringsewu, and SMA\r\nMuhammadiyah 1 Pringsewu obtained an average value 92,93% with very\r\neligible category. The test product on small classes performed as the initial\r\nevaluation form before tested in a large classroom with the acquisition value of\r\n85,29 % with very eligible category. Big class test conducted as a from evaluation\r\nof teaching material design with the acquisition value of 88,07% with very\r\neligible category. Based on the questionnaires that has been done, it can be\r\nconcluded that module of writing short story based on experiential learning\r\ndeserves to be used as teaching material for class XI in senior high school.\r\nKeyword: Experiential Learning Approach, Module, and Writing Short Story."^^ . "2018-06-08" . . . . . " UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . " 1623041016"^^ . "MEGA NOVIANA"^^ . " 1623041016 MEGA NOVIANA"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK (ABSTRACT).pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN\r\nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING\r\nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #31826 \n\nPENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN \nBERBASIS PENDEKATAN EXPERIETIAL LEARNING \nUNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . .