TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints31831 UR - http://digilib.unila.ac.id/31831/ A1 - WAHYU RINI MULYASARI , 1413031067 Y1 - 2018/05/31/ N2 - Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa.Salah satu aspek yang diduga mempengaruhi hal tersebut adalah kurang optimalnya kegiatan penilaian oleh guru yang masih menggunakan soal pilihan ganda konvensional.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas teknik penilaian IF-AT terhadap tingkat pemahaman siswa melalui model pembelajaran tipe NHT, pokok bahasan Ketenagakerjaan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto.Populasi penelitian ini berjumlah 114 siswa dengan sampel sebanyak 30 siswa (1 kelas).Sampel diambil dengan menggunakan Purposive Sample.Pengujian hipotesis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dan T ? Test Sampel Independen.Hasil Penelitian: (1) Ada pengaruh penggunaan teknik asesmenIF-AT terhadap tingkat pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Penerapan teknik asesmen IF-AT lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung 3,148 > t tabel 2,048 yang ditunjukkan dengan regresi linier sederhana dengan koefisien determinasi ( ) 0,247 atau 24,7% dengan kata lain tingkat pemahaman siswa dipengaruhi teknik asesmen IF-AT sebesar 24,7% dan sisanya 75,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: IF-AT, tingkat pemahaman siswa, NHT abstract This research is based on the low-level of student understanding. One aspect which allegedly influenced this was the lack of optimal assessment activity by teachers who still used the conventional multiple-choice question. The purpose of this research is to determine the influence and effectiveness of IF-AT assessment techniques on of student understanding through NHT type learning model, the subject of Employment. The research method used is descriptive verification method with ex postfacto approach. The population of this research amounted to 114 students with a sample of 30 students (1 class). Samples were taken using Purposive Sample. Testing data hypothesis using Simple Linear Regression and T-Test Independent Samples.Result of Research: (1) There is influence of IF-AT assessment technique toward student understanding level using NHT type cooperative learning model, (2) Application of IF-AT assessment technique more effective in improving of student understanding by using NHT type cooperative learning model. Based on data analysis obtained t count 3.148> t table 2.048 indicated by simple linear regression with coefficient of determination (r ^ 2) 0,247 or 24,7% in other words level of student understanding influenced by IF-AT assessment technique equal to 24,7% and the rest 75.3% is influenced by other factors not examined in this study. Keywords: IF-AT, level of student understanding, NHT PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ASESMEN IF-AT (IMMEDIATE FEEDBACK ASSESSMENT TECHNIQUE) DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 KELUMBAYAN BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018 AV - restricted ER -