%A 1413031023 ISRANI WEDY KURNIATI %T STUDI PERBANDINGAN SOFT SKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 20 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya soft skill siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMPN 20 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan soft skill siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw II dan CIRC. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan posttest-only control group design. Populasi penelitian ini 9 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas (60 siswa). Teknik sampling penelitian ini menggunakan cluter random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians satu jalur dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada mata pelajaran IPS Terpadu (2) Soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dilihat dari kejujuran siswa (3) Soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran CIRC dilihat dari kemampuan bertanggung jawab (4) Soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dilihat dari kerja sama siswa (5) Soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dilihat dari kemampuan menyelesaikan masalah siswa (6) Soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dilihat dari kemampuan berkomunikasi siswa (7) soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dilihat dari kemampuan bertoleransi siswa. Kata kunci: CIRC, jigsaw II, soft skill %D 2018 %C UNIVERSITASLAMPUNG %R 1413031023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints31838