%A 1423053057 SUMIYATI %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PBL KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA TEMA 3 SUB TEMA 1 HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU %X Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk LKPD model PBL yang layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Harapan Jaya sebanyak 152 siswa. Sampel dipilih dengan teknik sampel acak sederhanasebanyak 76 siswa dengan menggunakan kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas IV A sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kelayakan adalah lembar penilaian LKPD oleh ahli materi dan ahli media yang dianalisis dengan rumus uji kelayakan.Angket respon praktisi dan angket respon siswa dianalisis sesuai dengan kriteria interpretasi respon praktisi dan respon siswa. Instrumen tes digunakan untuk mengukur keefektifan hasil belajardianalisis dengan rumus gain. Penelitian ini menghasilkan produk LKPD yang layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Problem Based Learning, dan Efektivitas abstract This research and development aims to produce worksheet PBL model that is feasible to be used in learning and effective in improving learning outcomes. This research method is research and development by using Borg and Gall development procedure. The population of the study is the fourth grade students of SDN 2 Harapan Jaya as many as 152 students. The sample was selected by simple random sample technique of 76 students using class 4th B as control class and class 4th A as experiment class. The research instrument used to determine the feasibility is the worksheet assessment sheet by material experts and media experts analyzed by the feasibility test formula. Questionnaire responses of practitioners and student response questionnaires were analyzed in accordance with criteria of interpretation of practitioner response and student response. The test instrument used to measure the effectiveness of learning outcomes was analyzed by the gain formula. This study produces worksheet products that are feasible to use in learning and are effective for improving learning outcomes. Keywords: Worksheet, Problem Based Learning, and effectiveness %D 2018 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints31879