@misc{eprints31890, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Kasus: Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018)}, author = {1413021072 SHOFURA FARAH DIBA}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/31890/}, abstract = {Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan awal, skor kemampuan akhir, dan skor peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis. Analisis data menggunakan uji dan diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model discovery learning lebih baik daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran non-discovery. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, kemampuan representasi matematis, pengaruh} }