TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints31897 UR - http://digilib.unila.ac.id/31897/ A1 - PUTU ENDRIYANA WIJAYA RANI , 1413023052 Y1 - 2018/06/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi asam basa. Metode dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangunrejo tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 112 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Data dianalisis menggunakan SPSS version 17.0 for windows. Data keefektivan diperoleh dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan soal tes keterampilan berpikir orisinil siswa yang menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan kategori ?sangat tinggi? dan keterampilan berpikir orisinil siswa pada kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata n-Gain sebesar 0,706 dengan kategori ?tinggi?. Model problem based learning berpengaruh besar terhadap peningkatan keterampilan berpikir orisinil siswa pada kelas eksperimen, dibuktikan dengan hasil rata-rata uji effect size sebesar 0,967 dengan kriteria ?besar?. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi asam basa. Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil, asam basa, model problem based learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL SISWA PADA MATERI ASAM-BASA AV - restricted ER -