@misc{eprints319, month = {Desember}, title = {ANALISIS KEMAMPUAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ASAM BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING}, author = {TRI EPRININGSIH Dasir}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/319/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengaplikasikan suatu kasus dan menarik kesimpulan pada materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Analisis data menggu-nakan analisis deskriptif Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan (1) Kemampuan mengapli-kasikan suatu kasus pada kelompok tinggi, yaitu sebagian kecil berkriteria sangat baik, dan hampir seluruhnya berkriteria baik; pada kelompok sedang, sebagian kecil berkriteria sangat baik, sebagian besar berkriteria baik dan hampir separuh-nya berkriteria cukup; pada kelompok rendah sebagian kecil berkriteria sangat baik, separuhnya berkriteria baik, hampir separuhnya berkriteria cukup, dan sebagian kecil berkriteria kurang. (2) Kemampuan menarik kesimpulan pada kelompok tinggi, yaitu hampir separuhnya berkriteria sangat baik dan sebagian Tri Epriningsih besar berkriteria baik; pada kelompok sedang, hampir separuhnya berkriteria sa-ngat baik, hampir separuhnya baik, dan hampir separuhnya cukup; pada kelompok rendah hampir separuhnya berkriteria baik dan sebagian besar berkriteria cukup. Kata kunci : Kemampuan mengaplikasikan suatu kasus, menarik kesimpulan, kelompok tinggi, sedang, rendah, inkuiri terbimbing} }