@misc{eprints31900, month = {Juni}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA }, author = {1413023059 RIZKY MONIKA GUSNANDALIA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/31900/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non eqiuvalent (pretest-posttest) control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dengan populasi penelitian yaitu semua kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 265 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data keefektifan diperoleh dari rata-rata n-Gain dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 18 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain kemampuan berpikir orisinil siswa pada kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,39 dan 0,55 dengan kriteria ?sedang?. Kemampuan guru dalam mengelola kelas dari pertemuan 1 ke pertemuan selanjutnya selalu meningkat, dapat dikatakan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori ?sangat tinggi?. Model pembelajaran POE memiliki nilai effect size sebesar 0,53 dengan kategori ?sedang? pada kelas kontrol dan 0,78 dengan kategori ?tinggi? pada kelas eksperimen sehingga memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi asam basa. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE sangat praktis, efektif, dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil pada materi asam basa. Kata kunci: asam basa, kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran POE. } }