creators_name: DWI KURNIAWATI, 1413021021 creators_id: dwi.kurniawt21@gmail.com type: other datestamp: 2018-06-30 05:00:02 lastmod: 2018-06-30 05:00:02 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS ETHNOMATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018) ispublished: pub subjects: LB full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri berbasis ethnomathematics terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulok Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis ethnomathematics tidak efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Efektivitas, Ethnomathematics, Inkuiri, Pemecahan Masalah Matematis date: 2018-06-08 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1413021021 citation: DWI KURNIAWATI, 1413021021 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS ETHNOMATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/31907/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/31907/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/31907/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf