%A 1413022012 CAROLINE CLAUDIA ANGGINA NEFTYAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA %X Proses belajar harus mampu menarik minat dan membuat siswa aktif dalam belajar, yang materi dapat diambil langsung melalui fenomena yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika Hukum Newton tentang Gerak. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA5 di SMA Negeri 14 Bandarlampung menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji N-Gain, dan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa Hukum Newton tentang Gerak, dengan nilai p berbeda signifikan pada tingkat kepercayaan 95% sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan pretest dan posttest dalam pembelajaran menggunakan pendekatan CTL. Skor N-Gain rata-rata adalah 0,73 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar %D 2018 %C Universitas Lampung %R 1413022012 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints31919