creators_name: Maya Larasati, 1016041016 creators_id: mayalarassati@gmail.com type: other datestamp: 2014-09-10 07:36:59 lastmod: 2014-09-10 07:36:59 metadata_visibility: show title: Penerapan Prinsip Transparansi Dalam Good Corporate Governance (GCG) Pada Program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) (Studi di PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung) ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Abstrak Bahasa Indonesia PENERAPAN PRINSIP TRANSPARANSI DALAM GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA PROGRAM APLIKASI PELAYANAN PELANGGAN TERPUSAT (AP2T) (Studi di PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung) Oleh MAYA LARASATI Penerapan praktik GCG sangatlah penting dalam menjalankan kegiatan bisnis perusahaan dalam rangka menjaga pertumbuhan usaha secara berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan dan sebagai upaya agar perusahaan mampu bertahan dalam persaingan. Oleh karena itu pemerintah Republik Indonesia tanggal 1 Agustus tahun 2002 mengeluarkan Keputusan Menteri BUMN Kep-117/M-MBU/2002 pasal 3 tentang penerapan praktik GCG pada BUMN. PT. PLN (Persero) merupakan salah satu BUMN yang ikut serta dalam rangka mengemban amanah tersebut. Sebagai perwujudan dari praktik GCG di PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung adalah dibentuknya Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T), yaitu sistem pelayanan terpadu dengan tujuan untuk menyatukan semua aplikasi yang pernah dibangun dimasing-masing kantor wilayah PT. PLN (Persero) menjadi standar pelayanan pelanggan se-Indonesia. AP2T merupakan penerapan dari prinsip transparansi didalam GCG. Penelitian ini menitikberatkan pada permasalahan pelaksanaan penerapan prinsip transparansi pada AP2T. Dalam mengungkap permasalahan ini, peneliti menggunakan teori prinsip transparansi dari OECD (Organization For Economic Corporation and Development). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan prinsip transparansi dalam AP2T yaitu dengan adanya transparansi informasi yang akurat dan tepat waktu yang didapat pelanggan mengenai pasang baru, tagihan rekening listrik, informasi perubahan daya, informasi keluhan pelanggan dan informasi listrik lainnya. Transparansi bagi pegawai dan pihak terkait adalah informasi mengenai data-data pelanggan, laporan-laporan, informasi kondisi keuangan, kinerja, dan pengelolaan perusahaan. Dalam penelitian ditemukan beberapa kendala dalam penerapan prinsip transparansi pada AP2T yang terbagi menjadi kendala internal dan kendala eksternal. Diantaranya adalah masalah sumberdaya manusia (pegawai) yang kurang, sumberdaya manusia (pelanggan) yang memiliki iptek yang berbeda-beda, kurangnya sosialisasi, serta sistem atau jaringan yang kurang luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan prinsip transparansi pada AP2T belum maksimal dan masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki. Hal ini terlihat dari masih banyak kendala yang terjadi dalam menjalankan AP2T di PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung. Kata Kunci: Good Corporate Governance (GCG), Prinsip Transparansi, Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) Abstract Bahasa Inggris APPLICATION OF THE PRINCIPLE OF TRANSPARENCY IN CORPORATE GOVERNANCE AT CENTRALIZED CUSTOMER SERVICE APPLICATION PROGRAM (AP2T) (Study in PT. PLN (Persero) Distribution Lampung) by MAYA LARASATI The implementation of corporate governance practices is crucial in running the company's business activities in order to maintain sustainable business growth, increase the value of the company and an effort to ensure the company is able to survive in the competition. Therefore, the government of the Republic of Indonesia on 1 August 2002 issued a Ministerial Decree KEP BUMN-117 / M-MBU / 2002 Article 3 on the application of the BUMN corporate governance practices. PT. PLN (Persero) is one of the participating BUMN in order to carry out the mandate. As the embodiment of good corporate governance practices in PT. PLN (Persero) Distribution of Lampung is the establishment Centralized Customer Service Applications (AP2T), which is an integrated service system with the aim to unite all applications ever built in each of the regional office of PT. PLN (Persero) became the standard of customer service in Indonesia. AP2T is the application of the principle of transparency in corporate governance. This study focuses on the problem of implementing the principles of transparency on AP2T. In uncovering this problem, researchers used the theory of principle of transparency of the OECD (Organization For Economic Corporation and Development). This research is a descriptive study with a qualitative approach. This research was conducted in Bandar Lampung. The results of this research is the application of the principle of transparency in the AP2T with transparency information accurate and timely customer obtained the new plug, electricity bill, information changes power, customer complaint information and other electrical information. Transparency for employees and related parties is information about customer data, reports, information, financial condition, performance, and management of the company. In the research found several obstacles in the application of the principle of transparency in AP2T divided into internal constraints and external constraints. Among them is the problem of human resources (employees) were less, human resources (customers) who have a different science of technology, lack of socialization, as well as a system or network that is less extensive. The conclusion from this study is that the application of the principle of yet maximum transparency in AP2T and there are still deficiencies that need to be fixed. This is evident from the many constraints that occur in running AP2T PT. PLN (Persero) Distribution Lampung. Keyword: Good Corporate Governance (GCG), the principle of transparency, Centralized Customer Service Applications (AP2T) date: 2014-09-02 date_type: published publisher: Universitas Lampung place_of_pub: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik institution: Universitas Lampung department: FISIP thesis_type: other citation: Maya Larasati, 1016041016 (2014) Penerapan Prinsip Transparansi Dalam Good Corporate Governance (GCG) Pada Program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) (Studi di PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung). Universitas Lampung, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/1/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/2/ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/3/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/4/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/5/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/6/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/7/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/8/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/9/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/10/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/11/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/12/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/13/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/14/DAFTAR%20BAGAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/15/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/16/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/17/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/18/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/19/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/20/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/21/BAB%20VI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/22/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/3192/23/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf