?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1413022029&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+PEMAHAMAN+KONSEP+SISWA+PADA%0D%0APEMBELAJARAN+IMPULS+DAN+MOMENTUM+MENGGUNAKAN+MEDIA+ANIMASI+3D+DENGAN+2D&rft.creator=HADITYA+APRITA+LORA%2C+1413022029&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=Pembelajaran+Fisika+memerlukan+suatu+kegiatan+pengamatan+agar+peserta+didik+dapat+lebih+memahami+suatu+materi+yang+berdasarkan+suatu+fenomena+alam+seperti+materi+Impuls+dan+Momentum.+Pengamatan+jarang+dilakukan+dikarenakan+beberapa+kendala+seperti+keterbatasan+waktu%2C+tidak+tersedia+alat+dan+bahan+yang+memadai%2C+maka+diperlukan+media+alternatif+lain+untuk+memenuhi+kegiatan+tersebut.+Media+alternatif+yang+dapat+digunakan+salah+satunya+adalah+media+animasi%2C+dimana+media+animasi+itu+sendiri+terdiri+dari+media+animasi+3D+dan+2D.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pemahaman+konsep+siswa+yang+lebih+baik+antara+menggunakan+media+pembelajaran+animasi+3D+dengan+2D+pada+materi+Impuls+dan+Momentum%2C+serta+mendeskripsikan+pemahaman+konsep+pada+kedua+perlakuan+tersebut.+Penelitian+ini+dilakukan+di+SMA+Negeri+1+Gadingrejo%2C+pada+semester+genap+tahun+ajaran+2017%2F2018%2C+dengan+desain+penelitian+Pretest+Posttest+Equivalent+Group+Design.+Kelas+yang+menggunakan+media+pembelajaran+animasi+3D+sebagai+kelas+eksperimen+1+dan+kelas+yang+menggunakan+media+pembelajaran+animasi+2D+sebagai+kelas+eksperimen+2.+Berdasarkan+penelitian+yang+telah+dilakukan%2C+diperoleh+nilai+hasil+uji+beda+menggunakan+teknik+Mann+Whitney+U-Test+diperoleh+nilai+signifikansi+0%2C009.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+pemahaman+konsep+siswa+menggunakan+media+pembelajaran+animasi+3D+lebih+tinggi+dari+menggunakan+media+pembelajaran+animasi+2D.+Adapun+pemahaman+konsep+siswa+yang+paham+konsep+pada+kelas+menggunakan+media+animasi+3D+yakni+41%2C99%25%2C+sedangkan+kelas+yang+menggunakan+media+animasi+2D+yakni+34%2C38%25.+Untuk+tingkat+miskonsepsi+pada+kelas+yang+menggunakan+media+animasi+3D+yakni+41%2C02%25%2C+sedangkan+kelas+yang+menggunakan+media+animasi+2D+yakni+43%2C95%25.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2018-06-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31933%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31933%2F11%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31933%2F12%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++HADITYA+APRITA+LORA%2C+1413022029++(2018)+PERBANDINGAN+PEMAHAMAN+KONSEP+SISWA+PADA+PEMBELAJARAN+IMPULS+DAN+MOMENTUM+MENGGUNAKAN+MEDIA+ANIMASI+3D+DENGAN+2D.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31933%2F