?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1413022048&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+PENDEKATAN+PEMBELAJARAN+STEM%0D%0AUNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR%0D%0AKRITIS+SISWA+SMA+PADA+MATERI+GELOMBANG+BUNYI&rft.creator=NAILUL+KHOIRIYAH%2C+1413022048&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=Kualitas+sumber+daya+manusia+yang+rendah+dipengaruhi+oleh+kualitas+pendidikan%0D%0Adi+Indonesia+masih+tergolong+rendah%2C+sehingga+perlu+diterapkan+pembelajaran%0D%0Ayang+membantu+siswa+meningkatkan+kemampuan+berpikirnya.+Penelitian+ini+bertujuan+mengetahui+implementasi+pendekatan+pembelajaran+STEM+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa.+Sampel+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+XI+MIPA+1+dan+XI+MIPA+2+SMAN+13+Bandar+Lampung+tahun+ajaran+2017%2F2018.+Desain+penelitian+ini+adalah+The+Non-Equivalent+Pretest-Posttest+Control+Group+Design.+Data+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+dikumpulkan+menggunakan+instrumen+tes+kemampuan+berpikir+kritis.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+nilai+rata-rata+N-gain+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C63+dan+kelas+kontrol+sebesar+0%2C35+dengan+kategori+sedang%2C+serta+nilai+signifikasi+uji+Paired+Sample+T-test+sebesar+0%2C000+yang+memiliki+arti+implementasi+pendekatan%0D%0Apembelajaran+STEM+mampu+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2018-06-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31938%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31938%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31938%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++NAILUL+KHOIRIYAH%2C+1413022048++(2018)+IMPLEMENTASI+PENDEKATAN+PEMBELAJARAN+STEM+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA+SMA+PADA+MATERI+GELOMBANG+BUNYI.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F31938%2F