%0 Generic %A MAYA ROSITA WATI, 1413093025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:31946 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGGUNAAN ALAT PERAGA PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SDN 2 MARGA AGUNG KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2017-2018 %U http://digilib.unila.ac.id/31946/ %X Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA kelas V SDN 2 Marga agung mendorong peneliti melakukan Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA Kelas V SDN 2 Marga agung menggunakan media alat peraga pencernaan manusia pada siswa. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi selama tindakan dan tes hasil belajar disetiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian Pembelajaran menggunakan media alat peraga pencernaan manusia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 2 Maraga agung. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siklus I 55,45 pada siklus ke II mencapai 77,49 dengan kreteria “ Tinggi ”. Hasil kinerja guru siklus I 66,67, pada siklus II mencapai 88,15. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari siklus I 50% (14siswa) belum mencapai ketuntasan dan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 100% ( 28 siswa ) sudah mencapai ketuntasan. Kata Kunci : Media alat peraga , Aktivitas, Hasil Belajar IPA,.