%0 Generic %A SETIANINGSIH, 1413053121 %C Universitas Lampung %D 2018 %F eprints:31960 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/31960/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian berjumlah 50 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 2,611, sedangkan ttabel sebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,611 > 2,021) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar subtema indahnya persatuan dan kesatuan negeriku siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Kata kunci: group investigation, hasil belajar, pembelajaran kooperatif.