title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL INQUIRY PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR creator: DIAN JANI PRASINTA, 1623053008 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM pada pembelajaran IPA dikelas IV SDN I Pinang Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKPD, dan mengetahui perbedaan efektivitas LKPD berbasis tematik melalui model Inquiry pada tema Berbagai Pekerjaan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Pinang Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang merujuk pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kecamatan Kemiling Gugus 1 dan sampel 54 siswa yang diperoleh dengan teknik multistage random sampling adalah siswa kelas IV SDN I Pinang Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui kuantitatif dan kualitatif, untuk uji efektivitas digunakan N-gain dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari nilai rata-rata siswa yang menggunakan LKPD berbasis tematik melalui model inquiry adalah 73,65 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan LKPD berbasis tematik model inquiry yaitu 55,71 dengan nilai Gain ternormalisasi sebesar 0,39. Kata kunci : lembar kegiatan siswa, inquiry, hasil belajar. abstract Problems in this study is still a lot of students whose learning outcomes under the KKM on science lessons in grade IV SDN I Pinang Jaya. This study aims to develop LKPD teaching materials, and to know the effectiveness of LKPD thematic-based through the Inquiry model on the theme of Various Occupations of fourth graders of Elementary School I Pinang Jaya. This type of research is research and development (R & D) which refers to Borg & Gall's theory. The population of this research were all fourth grade students of SDN Kemiling Cluster 1 and 54 students samples obtained by multistage random sampling technique were fourth grade students of SDN I Pinang Jaya. Techniques of data collection analysis using learning and observation test. Data technique is done through quantitative and qualitative, for effectiveness test used N-gain and t test. The results of this study indicate that LKPD developed eligible to be used in improving student learning outcomes, this can be seen from the average score of students using LKPD thematic based through inquiry model is 73.65 higher than the average score of students before using LKPD based thematic model of inquiry is 55.71 with a normalized Gain value of 0.39. Keywords: student worksheet, inquiry, learning results date: 2018-03-20 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/31991/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/31991/9/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/31991/10/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DIAN JANI PRASINTA, 1623053008 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL INQUIRY PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/31991/