TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32014 UR - http://digilib.unila.ac.id/32014/ A1 - MERI SARTIKA, 1413032040 Y1 - 2018/06/06/ N2 - Penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan peranan pembelajaran PPKn dalam menginternalisasi nilai-nilai demokrasi di SMA Negeri 1 Ulubelu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian dua Guru PPKn, lima peserta didik diambil berdasarkan tingkatan nilai (rendah, sedang, tinggi) dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran PPKn dalam proses transformasi nilai adalah menyampaikan nilai-nilai demokrasi, transaksi nilai adalah menciptakan hubungan timbal balik, internalisasi nilai adalah membimbing dan mengarahkan peserta didik. Peserta didik dapat mengerti, memahami dan mampu bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang terinternalisasi dalam kepribadian dirinya. Pihak sekolah mendukung dengan berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang mengembangkan nilai-nilai demokrasi. Kata kunci :Pembelajaran PPKn, Internalisasi, Nilai-Nilai Demokrasi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DI SMA NEGERI 1 ULUBELU TAHUN PELAJARAN 2017/2018 AV - restricted ER -