creators_name: WAYAN WIDASTRE , 1413053140 creators_id: wayanwidastr95@gmail.com type: other datestamp: 2018-07-03 06:33:55 lastmod: 2018-07-03 06:33:55 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN ispublished: pub subjects: LB full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes bentuk pilihan jamak. Analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test data thitung sebesar 2,819 sedangkan ttabel sebesar 2,021 perbandingan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel (2,819 > 2,021) berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Cooperative learning, scramble, hasil belajar, tematik. date: 2018-05-02 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1413053140 citation: WAYAN WIDASTRE , 1413053140 (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/32023/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32023/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32023/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf