<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900"^^ . "Sumatera memiliki potensi batubara yang besar khususnya di Provinsi Sumatera Selatan,\r\nnamun baru sedikit yang dapat dieksploitasi akibat kemampuan angkut batubara yang\r\nkurang mendukung. Untuk mendukung upaya tersebut secara optimal, Kementerian\r\nPerhubungan dan PT. KAI melakukan pembangunan prasarana perkeretaapian yaitu\r\ndengan membangun jalur ganda secara bertahap di Provinsi Sumatera Selatan sampai ke\r\nProvinsi Lampung. Untuk beberapa segmen, pembangunan jalur kereta api ganda ini\r\nterdapat banyak lengkungan. Dengan demikian dibutuhkan perencanaan lengkung agar\r\nkereta api dapat melintas dengan aman sesuai kecepatan rencana.\r\nPenelitian ini mengkaji Perencanaan Lengkung Horizontal pada Jalur Ganda Kereta Api\r\nStasiun Martapura - Stasiun Baturaja, Provinsi Sumatera Selatan pada Km. 222+800 –\r\nKm. 227+900. Perencanaan mengacu kepada Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012\r\nTentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. Secara garis besar langkah perencanaannya\r\nadalah pengumpulan data, peninjauan lokasi, penentuan trase jalur baru, perhitungan\r\ndesain lengkung horizontal sesuai dengan data dan trase dengan 2 (dua) alternatif, dan\r\nperhitungan selisih lahan yang dibutuhkan akibat perencanaan jalur baru.\r\nBerdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Lengkung Total (L) terbesar pada alternatif\r\n2 lebih besar dibandingkan dengan alternatif 3, yaitu 860,384 m untuk alternatif 2 dan\r\n741,756 m untuk alternatif 3. Terdapat perbedaan panjang lengkung transisi yaitu 132\r\nmm dan 102 mm, hal ini diakibatkan perbedaan peninggian rel dan kecepatan rencana\r\nyang digunakan. Hasil perencanaan mengakibatkan perlunya pembebasan lahan pada\r\nalternatif 2, karena terdapat selisih lahan yang dikuasai dengan hasil perencanaan yaitu\r\nsebesar 508.068,945 m2.\r\nKata Kunci : lengkung horizontal, rel, jalur ganda\r\n\r\nabstract\r\n\r\nSumatera has a huge natural resources, especially coal in South Sumatera Province, but\r\nonly few can be exploited due to transportation capabilities are less supportive. To tackle\r\nthis matter, the Ministry of Transportation dan PT. KAI conduct construction on the rail\r\ninfrastructure by building a double track rail gradually in South Sumatra Province to\r\nLampung Province. For some segments, the construction of the double track railway are\r\nfacing many curves, thus it takes redesign curve railway so that the train can pass\r\naccordance to design speed safely.\r\nThis study research about Horizontal Alignment Design on Double Track Railway from\r\nMartapura Station to Baturaja Station, South Sumatera Province at Km. 222+800 – Km.\r\n227+900. Design refers to PM No. 60 Year 2012 regarding Technical Requirements\r\nRailroad. Outline the design steps are data collection, review of the location,\r\ndetermination of new path trace, horizontal curve design calculations in accordance to\r\nthe data and 2 (two) alternatives trace, and calculation of the difference in land required\r\nin regard to new railway design.\r\nBased to the calculation results, Full Curve (L), the largest in second alternative is larger\r\nthan the third alternative, that is 860,384 meters for alternative 2 and 741,756 meters for\r\nalternative 3. There are differences in the transtition curve length that is 132 milimeters\r\nand 102 milimeters, this is caused by difference of speed design and rail elevation used.\r\nResults of design cause in the need for land acquisition in the second alternative, because\r\nthere is a difference of land that held with the design results, that is 508.068,945 square\r\nmeters.\r\nKeywords: horizontal alignment , railway, double track"^^ . "2018-05-24" . . . . . "FAKULTAS TEKNIK"^^ . . . . . . . "1315011112"^^ . "TULUS ADITYA GUNAWAN "^^ . "1315011112 TULUS ADITYA GUNAWAN "^^ . . . . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (File PDF)"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "PERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA\r\nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA\r\nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #32025 \n\nPERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA \nKERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA \nSUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900\n\n" . "text/html" . . . "Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar"@en . . . "Rekayasa dan operasi kereta api"@en . .