@misc{eprints32052, month = {Mei}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD N 1 LEBUNGNALA KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN }, author = { 1413093036 RIKO RINALDI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32052/}, abstract = { Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SDN 1 Lebungnala Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran dan tes bentuk esay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa siklus I rata-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 74,17 dan rata-rata aktivitas siswa siklus II yaitu 78,75, terdapat peningkatan aktivitas siswa 4,58. Persentase keaktifan siswa siklus I yaitu 85\% dan persentase keaktifan siswa siklus II yaitu 90\%, terdapat peningkatan keaktifan siswa 5\%. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata hasil belajar siswa siklus II yaitu 80,00, terdapat peningkatan hasil belajar siswa 5,00. Persentase ketuntasan siswa siklus I yaitu 75\% dan persentase ketuntasan siswa siklus II yaitu 90\%, terdapat peningkatan ketuntasan siswa sebesar 15\%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Two Stay Two Stray } }