@misc{eprints32069, month = {Pebruari}, title = {PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 NATAR LAMPUNG SELATAN}, author = {1113052034 MERRY ANDANI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32069/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah interaksi sosial siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat Quasi experimental dengan desain one group pretest-posttest, dan dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian 12 orang siswa yang memiliki interaksi sosial rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa mengalami peningkatan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji pretest dan posttest yang diperoleh Zhitung = -3,06 {\ensuremath{<}} Ztabel =1,645. Karena Zhitung {\ensuremath{<}} Ztabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Natar, Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci : Bimbingan dan Konseling, Interaksi Sosial, Layanan Bimbingan Kelompok} }