%A 1411011049 HANIFAH %T PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016 %X Perusahaan memiliki tujuan utama yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi nilai perusahaan, seperti struktur modal, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu struktur modal (LDER), profitabilitas (ROE) dan pertumbuhan perusahaan (growth) sebagai variabel independen serta nilai perusahaan (PBV) sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data panel perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Analisis data yaitu menggunakan analisis data panel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji statistik F dan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (2) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (3) pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (4) Struktur modal, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Nilai Perusahaan, LDER, ROE, Growth, PBV abstract The main goal of a company is to maximize the value of the company itself. There are several factors that can affect the value of the firm, like the capital structure, profitability, and firm growth. This study aims to examine the effect of capital structure, profitability, and firm growth on the firm value. The variables used in this research are capital structure (LDER), profitability (ROE) and firm growth (growth) as independent variable and firm value (PBV) as dependent variable. This study uses panel data of consumer goods companies listed in Indonesian Stock Exchange 2012-2016. The data is then analyzed by using panel data analysis. Hypothesis testing is done by using coefficient of determination test (R2), F statistic test and t statistic test. The results of the research shows that: (1) capital structure has significant influence to firm value (2) profitability has significant influence to firm value (3) firm growth has significant influence to firm value (4) capital structure, profitability and firm growth simultaneously have significant influence to firm value. Keywords : Capital Structure, Profitability, Firm Growth, Firm Value, LDER, ROE, Growth, PBV %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints32074