title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO PUSAT creator: DONA MEI SANDRA, 1413053041 subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada model cooperative learning tipe two stay two sray terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non equivalent grup design. Populasi penelitian ini adalah sejumlah 50 orang, sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 26 orang. Alat pengumpulan data dengan lembar observasi dan instrumen tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes dan teknis analisis data berupa kuantitatif. Analisis uji hipotesis data menggunakan rumus independent sample ttest dengan bantuan program Microsoft office excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat dengan dibuktikan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test, dengan hasil thitung = 2,12 > ttabel = 2,021 dan untuk ttabel (α = 0,05). Kata kunci: hasil belajar tematik, two stay two stray publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2018-05-07 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32080/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32080/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32080/3/SKRIPSI%20FULL.pdf identifier: DONA MEI SANDRA, 1413053041 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/32080/