%0 Generic %A ULFA AYU RIZMALIA , 1413041074 %C UMIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32087 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KORELASI PEMAHAMAN KATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 %U http://digilib.unila.ac.id/32087/ %X Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah korelasi pemahaman kata dengan kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan masalah tersebut , penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pemahaman kata dengan kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018, berjumlah 142 siswa, yang tersebar dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas berjumlah 60 siswa. Untuk menghimpun data, penelitian ini menggunakan tes objektif dan tes menulis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan skor pemahaman kata berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 72, dan skor kemampuan menulis teks argumentasi berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 67,8. Nilai koefisien korelasi product moment yang diperoleh yaitu, rhitung sebesar (0,741) > rtabel (0,254). Berdasarkan hasil tersebut hipotesis diterima, yaitu ada hubungan yang positif dan erat antara pemahaman kata dan kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Nilai Koefisien uji regresi sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pemahaman kata dan kemampuan menulis teks argumentasi sebesar 54,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian, dan memperoleh persamaan regresinya adalah Y = 8,4444=0,821 X. Artinya , setiap penambahan satu tingkat pemahaman kata, maka kemampuan menulis teks argumentasinya akan meningkat sebesar 0,821. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat pemahaman kata siswa , maka semakin tinggi kemampuan menulis teks argumentasi yang mereka peroleh. Sebaliknya, semakin rendah pemahaman kata mereka, semakin rendah kemampuan menulis yang diperoleh. Kata kunci : argumentasi, kata, keterampilan,pemahaman