%0 Thesis %9 Masters %A LAILI FAUZIAH SUFI, 1523021046 %B UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32093 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN LKPD PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/32093/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD yang dikembangkan pada model PBL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes komunikasi matematis dan skala disposisi matematis siswa. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD pada model PBL. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun draft LKPD dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan LKPD yang memuat isi, penyajian, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD memperoleh skor 560 dari skor maksimal 720 yang termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD Bangun Ruang Sisi Datar pada pada pembelajaran PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (2) LKPD pada model PBL tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan disposisi matematis siswa. Kata kunci : LKPD PBL, Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis ABSTRACT This research is a development research that aims to find out the effectiveness of developing LKPD on PBL model to improve the communication ability and mathematical disposition of students. This study started from preliminary study, preparation of LKPD, LKPD validation, initial field trials, and field test. The subject of this research is the students of class VIII SMP Negeri 4 Pringsewu Academic Year 2016/2017. The research data was obtained through mathematical communication test and mathematical disposition scale of the students. Preliminary study results indicate the need for the development of LKPD on PBL model. The preparation of LKPD begins with drafting the LKPD and all its components based on the LKPD preparation guidelines containing the contents, presentations, languages and PBL models. Validation results indicate that LKPD has met the content and design feasibility standards. Initial field test results show that LKPD obtained a score of 560 from a maximum score of 720 included in either category. The results showed that (1) LKPD polyhedron on PBL model is effective for improving students' mathematical communication skills of students, and (2) LKPD polyhedron on PBL model is not effective for improving students' mathematical disposition skills of students. Keywords: LKPD PBL, Mathematical Communication, Mathematical Disposition