TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints321 UR - http://digilib.unila.ac.id/321/ A1 - Sutikno, Yuca Aryanti Indrakustantri Y1 - 2013/12/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran LC 5E dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep asam-basa Arrhenius. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Data penelitian dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan sekunder. Data primer meliputi pretest dan posttest, serta data hasil angket sebelum dan setelah pembelajaran, sedangkan data sekunder meliputi lembar kinerja guru dan lembar aktivitas siswa. Analisis data menggunakan analisis uji n- Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata indeks gain minat untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,34 dan 0,49; dan rerata indeks gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,33 dan 0,55. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t minat dan penguasaan konsep, dimana pada hasil perhitungan didapatkan nilai sebesar 5,83 dan 4,53; sedangkan harga t-tabel sebesar 1,66. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi asam-basa Arrhenius melalui model pembelajaran LC 5E iv lebih efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep asam-basa Arrhenius. Kata kunci : pembelajaran LC 5E, minat, dan penguasaan konsep. PB - Fakultas KIP TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM-BASA ARRHENIUS AV - restricted ER -