TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32102 UR - http://digilib.unila.ac.id/32102/ A1 - INES AGUSTIRA, 1413053059 Y1 - 2018/05/07/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Kotakarang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN 1 Kotakarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kotakarang berjumlah dan sampel yang diambil yaitu seluruh kelas IV berjumlah 56 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN 1 Kotakarang tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: hasil belajar, examples non examples, pembelajaran tematik. ABSTRACT The problem in this research is still low student learning outcomes in SD Negeri 1 Kotakarang. The purpose of research to determine the effect of cooperative learning model type examples non examples on the results of thematic learning integrated class IV SDN 1 Kotakarang. The method used in this research is experimental research using design nonequivalent control group design. The population in this study is the fourth grade students of SDN 1 Kotakarang and the samples taken are the entire class IV amounted to 56 students. The result of the research shows that there is a significant influence in the use of cooperative model type examples non examples toward the result of integrated thematic learning of class IV SDN 1 Kotakarang academic year 2017/2018. Keywords: learning outcomes, examples non examples, thematic learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV AV - restricted ER -