?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW%0D%0ATERHADAP+HASIL+BELAJAR+IPA+FISIKA+PADA+SISWA%0D%0ASMP+NEGERI+28+BANDAR+LAMPUNG%0D%0A&rft.creator=BERNADETA+SWAHYUNING+KASIH%2C+1413022011&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Jigsaw+terhadap+hasil+belajar+IPA+Fisika.+Sampel+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+IX+B+dan+IX+C+di+SMP+N+28+Bandarlampung.+Desain+penelitian+yang+digunakan+adalah+Quasi+Experiment+Pretest-Posttest+Control+Group+Design.+Data+dianalisis+menggunakan+uji+Independent+Sample+T-Test.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh+penggunaan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Jigsaw+terhadap+hasil+belajar+siswa.+Hal+tersebut+dapat+dilihat+dari+nilai+Sig.+(2-Tailed)+kurang+dari+0%2C05+maka+dapat+dinyatakan+terdapat+perbedaan+yang+signifikan+antara+kelas+eksperimen+dengan+kelas+kontrol.+Model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Jigsaw+mampu+meningkatkan+hasil+belajar+siswa+dengan+nilai+rata-rata+N-Gain+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C79+dengan+kategori+tinggi%2C+sedangkan+pada+kelas+kontrol+sebesar+0%2C61+dengan+kategori+sedang.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+Pembelajaran+Kooperatif+Tipe+Jigsaw%2C+Hasil+Belajar%2C+Pengaruh%0D%0A&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2018-06-28&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32108%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32108%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32108%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++BERNADETA+SWAHYUNING+KASIH%2C+1413022011++(2018)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+IPA+FISIKA+PADA+SISWA+SMP+NEGERI+28+BANDAR+LAMPUNG.++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32108%2F