TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints32108 UR - http://digilib.unila.ac.id/32108/ A1 - BERNADETA SWAHYUNING KASIH, 1413022011 Y1 - 2018/06/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA Fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX C di SMP N 28 Bandarlampung. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group Design. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Pengaruh PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -