creators_name: BERNADETA SWAHYUNING KASIH, 1413022011 creators_id: bernadetay@gmail.com type: other datestamp: 2018-07-12 06:06:01 lastmod: 2018-07-12 06:06:01 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA Fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX C di SMP N 28 Bandarlampung. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group Design. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Pengaruh date: 2018-06-28 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: BERNADETA SWAHYUNING KASIH, 1413022011 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . document_url: http://digilib.unila.ac.id/32108/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32108/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32108/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf