%0 Generic %A TRI SURANI, 1413093052 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32113 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKAAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDUNG AGUNG KECAMATAN JATI AGUNG %U http://digilib.unila.ac.id/32113/ %X Masalah dalam penelitian ini adala rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajran IPS siswakelas V SD Negeri Gedung Agung. Tujuan penelitian ini adala untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gedung Agung dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini dalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri diri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menunjukan bahwa penerapan model pembelajran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajran IPS siswa kelas V SD Negeri Gedung Agung Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, IPS