@mastersthesis{eprints32124, month = {Juni}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ALJABAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DI BANDAR LAMPUNG}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1623011001 TRI SAKTI WIJAYANA}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32124/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan potensi dan kondisi sekolah terhadap produk yang dikembangkan, (2) menghasilkan produk LKPD berbasis media realia materi operasi pada bentuk aljabar, (3) menganalisis efektifitas penggunaan LKPD berbasis media realia materi operasi pada bentuk aljabar, (4) menganalisis daya tarik peserta didik terhadap LKPD berbasis media realia materi operasi pada bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan di SMP IT Fitrah Insani dan SMP IT Daarul Ilmi Bandar Lampung. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan tes, kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian dan pengembangan produk LKPD yang diperoleh pada uji lapangan di kedua sekolah adalah potensi dan kondisi sekolah sangat mendukung dan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan LKPD matematika berbasis media realia, hasil uji efektivitas LKPD terhadap pembelajaran sebesar 0,64, daya tarik LKPD pada tingkat keberhasilan sebesar 3,17. Produk LKPD mampu menaikkan rerata nilai post-test terhadap nilai pre-test (dari rerata 51,35 meningkat menjadi 82,12 setelah diberi pembelajaran menggunakan LKPD atau rata-rata peningkatan sebesar 30,77 dengan persentase 59,92\%, nilai tersebut merupakan nilai yang sangat berarti bagi peningkatan hasil belajar peserta didik ketika belajar menggunakan LKPD matematika berbasis media realia terbukti dapat meningkatkan hasil belajar materi aljabar peserta didik kelas VII SMP Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Produk LKPD, matematika, media realia, aljabar, hasil belajar} }