TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints32140 UR - http://digilib.unila.ac.id/32140/ A1 - MEDIATI FIRDAUSA, 1413041049 Y1 - 2018/06/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Metro berdasarkan taksonomi kesalahan berbahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan deskipsi siswa kelas VII SMPN 1 Metro tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan tugas karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa. Selanjutnya karangan tersebut dianalisis berdasarkan dua taksonomi kesalahan berbahasa, yaitu taksonomi siasat permukaan dan taksonomi efek komunikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Metro adalah sebagai berikut (1) berdasarkan taksonomi siasat permukaan muncul kesalahan (a) penghilangan (omission), (b) penambahan (addition), dan (c) pembentukan (misformation) dan (2) berdasarkan taksonomi efek komunikatif muncul kesalahan (a) lokal dan (b) global. Ejaan yang dominan mengalami kesalahan adalah penggunaan huruf kapital. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (SUATU KAJIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA) AV - restricted ER -